Fitur Gambas

Gambas dirancang untuk membuat program aplikasi grafis(berbasis gui) menggunakan toolkit QT atau GTK+, IDE Gambas dibuat/ditulis menggunakan gambas itu sendiri. Gambas memiliki GUI desainer untuk membantu dalam membuat user interface, selain itu juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis text/command line.

Untuk menjalankan executable gambas diperlukan Gambas runtime environment.

gtk komponen fitur gambas
Gambar form yang menggunakan komponen GTK+

Fungsionalitas yang disediakan oleh berbagai komponen, yang masing-masing dapat menyediakan fitur tambahan. Untuk penggambaran(pembuatan GUI) dapat menggunakan toolkit QT atau GTK+, dengan komponen tambahan yang dirancang untuk dapat digunakan diantara kedua toolkit tersebut. Penggambaran(pembuatan GUI) dapat juga dilakukan menggunakan Simple Direct Media Layer (lebih dikenal dengan SDL), yang juga dapat digunakan untuk pemutaran audio melalui komponen suara terpisah. Mendukung akselerasi GPU yang tersedia melalui komponen OpenGL, serta fungsionalitas perangkat keras lainya yang di sediakan oleh berbagai komponen. Ada juga komponen untuk menangani tugas-tugas khusus lainnya.


sdl komponen fitur gambas
Gambar window yang menggunakan komponen SDL

Dengan Gambas, pengembang juga dapat menggunakan database seperti MySQL atau PostgreSQL, membangun aplikasi KDE(Qt) dan GNOME GTK+ dengan DCOP(Desktop COmmunication Protocol), mentranslate program Visual Basic ke Gambas dan menjalankannya di Linux,membangun solusi Jaringan dan membuat aplikasi web CGI.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Gambas
Penterjemah : http://www.markasgambas.blogspot.com/

Artikel Terkait :